Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Aplikasi Lowongan Kerja Terbaru

Kartu Prakerja 2023 Fokus Geber Skill, Penerima Bansos Boleh Daftar

Penerima bantuan sosial (bansos) kini bisa mendaftar Kartu Prakerja 2023. Pendaftaran akan dimulai pada kuartal pertama tahun 2023, dengan sistem standar yang berfokus pada pengembangan keterampilan daripada dukungan semi-sosial.

Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, menyatakan hal tersebut. Karena programnya menonjolkan bantuan semi sosial, penerima bansos sebelumnya dilarang mengikuti Kartu Prakerja.

“Karena bukan lagi bansos semi sosial, penerima bantuan seperti subsidi gaji, BPUM (Bantuan Produktif Usaha Mikro), dan PKH (Program Keluarga Harapan) bisa menjadi peserta Kartu Prakerja,” ujar Airlangga saat konferensi.

Meski begitu, pegawai negeri sipil (PNS) dan penyelenggara negara lainnya tetap dilarang mengikuti Kartu Prakerja 2023. Peserta yang sudah menjadi alumni tidak lagi berhak mengikuti.

“(PNS) tetap tidak bisa, kalau sudah menjadi peserta Kartu Prakerja, tidak bisa lagi karena aturannya hanya sekali,” kata Denni Puspa Purbasari, Direktur Eksekutif Kartu Prakerja PMO.

Dalam kerangka reguler, Kartu Prakerja Tahun 2023 diatur dengan Peraturan Presiden Nomor 113 Tahun 2022, dan pelaksanaannya diatur dengan Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 17 Tahun 2022.

Program Kartu Prakerja tidak dapat diberikan kepada:

  1. Pejabat Negara
  2. Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR)
  3. Aparatur Sipil Negara (ASN/PNS)
  4. Prajurit Tentara Nasional Indonesia
  5. Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia
  6. Kepala Desa dan perangkat desa
  7. Direksi, Komisaris, dan Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD

Berikut syarat penerimanya:

  1. Program Kartu Prakerja diberikan kepada pencari kerja
  2. Pekerja/buruh yang terkena PHK
  3. Pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, termasuk pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah termasuk pelaku UMKM
  4. Warga negara Indonesia berusia paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 64 tahun
  5. Tidak sedang mengikuti pendidikan formal

Sumber:
https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-6500231/kartu-prakerja-2023-fokus-geber-skill-penerima-bansos-boleh-daftar

Post a Comment for "Kartu Prakerja 2023 Fokus Geber Skill, Penerima Bansos Boleh Daftar"